Jumat, 17 September 2010

tugas 1/ makalah BB dan WIMAX



[Sabtu, Februari 14, 2009 |

Pada era modern ini, kecepatan dan ketepatan dalam pemberian informasi sangat dibutuhkan terutama layanan push email. Research In Motion (RIM) melihat kesempatan ini dengan meluncurkan layanan push email Blackberry pada tahun 1999. Yang mencengangkan adalah pertumbuhan layanan ini dari tahun 2004 sampai saat ini dimana dari hanya sekitar 2 juta pelanggan diseluruh dunia menjadi 17 juta pada tahun ini.

RIM dalam menyediakan layanan Push email ini menggunakan bantuan network operator. Jadi harus berlangganan di network operator tertentu untuk berlangganan layanan Blackberry ini. Saat ini di Indonesia ada dua operator besar, Indosat, XL, yang menyediakan layanan Blackberry untuk paket personal dan paket corporate (Telkomsel hanya menyediakan layanan Blackberry corporate). Apakah Perbedaan dari dual paket layanan tersebut? Paket Blackberry personal adalah paket yang layanannya dijual kepada pelanggan personal dimana paket ini dinamakan BIS (Blackberry Internet Service) dimana perngguna personal dapat mendaftarkan email pribadinya ke server BIS untuk dapat di-push ke handset mereka jika ada email terbaru pengguna; sedangkan BES (Blackberry Enterprise Service) adalah paket dimana pengguna corporate diharuskan menginstall application server didekat email servernya (Email server yang digunakan harus lah Microsoft Exchange, LotusNote, Domino).

Apakah perbedaan yang mencolok dari BIS dan BES ini? user BIS hanya bisa untuk push email, akan tetapi user BES bukan hanya push email tetapi dapat juga men-synchronkan PIM data yang ada di handset dengan email server yang mempunyai koneksi langsung dengan BES server; begitu juga dengan internet dan intranet web page dapat diakses melalui handset Blackberry (hanya handset Blackberry saja yang dapat menikmati feature ini, handset BBC tidak bisa menikmati feature ini)
Harga? tergantung network operator yang menyediakan layanan ini kepada pelanggannya korporatnya. Untuk Indonesia, paket personal dapat menghubungi Indosat dan XL; kemudian untuk paket corporate dapat menghubungi XL, Indosat, dan Telkomsel.

Pertumbuhan Blackberry dinilai yang sangat cepat ini tidak didukung saja pada sisi aplikasi layanan ini akan tetapi dengan dikeluarkannya handset Blackberry oleh RIM yang sasarannya middle high (Business seperti tipe 8100,8300,dan 8800) yang mempunyai kemampuan Multimedia, 8820, 8310 dan 8320 juga ada 8120 atau 8130. Masing-masing tipe mempunyai kelebihan masing-masing; ambil contoh tipe 8310 dan 8320, dimana tipe-tipe tersebut adalah tipe turunan dari 8300 (terdapat kamera) dimana 8310 ditambahkan feature GPS dan 8320 ditambahkan feature Wifi.

RIM tidak mempunyai strategy pengembangan layanannya sampai disini saja, mereka membuka koneksi yang dinamakan Blackberry Connect untuk menghubungkan handset-handset yang sangat "digandrungi" di pasaran (seperti Nokia, Sony Ericsson, dll) untuk menikmati layanan push email dari blackberry ini.
"konektor" layanan Blackberry yang berupa aplikasi ini diinstall pada handset-handset tersebut. Akan tetapi terdapat kelemahan-kelemahan yang menurut saya lumayan cukup banyak kelamahannya seperti:

* Tidak bisa browsing menggunakan APN Blackberry
* Tidak adanya tunelling VPN dengan network kantor bagi pengguna BES
* Tidak adanya kerjasama dengan pihak ketiga untuk menyediakan chatting service seperti Yahoo Messenger dan Google Talk
* Tidak bisanya menerima Blackberry Messenger dari pengguna Blackberry lainnya (hal ini sedikit dikoreksi pada aplikasi Blackberry Connect version 4.0)

Mengapa pertumbuhan blackberry ini sangat significant (terutama di Indonesia yang saat ini sedang booming layanan push email blackberry)? ada beberapa keunggulan layanan blackberry ini dibandingkan layanan push email lainnya (Nokia Intellisync, Ventus, dll); keunggulan-keunggulan teknologi push email Blackberry sbb:

* Pengiriman email dan WEB Browsing dengan kompresi yang dilakukan dua kali (content dan komunikasi) sehingga kita bisa mendapatkan push email real time/WEB lebih cepat dan menghemat bandwidth GPRS/EDGE
* Integrasi dengan Instant Messaging service seperti yahoo messenger dan Gmail Talk
* Membuka attachment email yang lebih cepat (pengalaman pribadi :) ) dimana akses cepat ini ada hubungannya dengan kompresi yang sangat sempurna dari RIM
* Security handset yang sangat apik dan terjamin dari level handset (handset Blackberry) sampai dengan layanannya (terkadang jika lupa password untuk untuk unlock handset, handset akan terformat secara otomatis)

Yang bisa dipastikan, layanan Blackberry ini ada untuk memudahkan kita bekerja; terutama pekerjaan kirim-mengirim email bisnis atau penting yang harus dilakukan pada saat itu kita tidak berada di depan PC atau Laptop.

Layanan Blackberry ini tidak terbatas untuk kalangan bisnis dan professional, bahkan ada kalangan pelajar atau mahasiswa sudah menggunakan layanan Blackberry.
Mengapa layanan ini sudah bisa sampai kalangan remaja di Indonesia? Menurutku, layanan ini menyasar segment pasar yang sangat tepat di market Indonesia, yaitu MESSAGING.
Alasan utama para remaja sudah mulai menggunakan Blackberry adalah kemudahan penggunaan layanan instant messaging yang terintegrated pada handset Blackberry untuk keperluan komunikasi dengan teman-teman, keluarganya dengan biaya bulanan :-) (handset selain handset Blackberry yang menggunakan BBC/"konektor" saat ini masih belum terintegrasi dengan Instant Messaging yang disebutkan diatas). Jika kita melihat market di Indonesia yang masih senang dengan SMS sebagai alat komunikasi murah, maka kehadiran layanan Blackberry ini tidak lama lagi bisa menyaingi layanan SMS.

kutip: www.my-blackberry.blogspot.com



Bedanya apa ya ama HP laen yang juga bisa beremail ria, bahkan bisa via

GPRS/3G/HSDPA, bedanya apa ya emailnya BlackBerry ama email Handphone laen?

Kalo soal koneksi memang BlackBerry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (tapi hanya untuk seri tertentu, seperti 8707). Tapi yang bikin beda adalah kalo pada device lain untuk menarik email ke inbox, harus dilakukan secara manual (PULL teknologi) atau kalo pun ada kita harus menginstall 3rd party software. Sedangkan kalo pake BlackBerry, email munculnya tanpa harus ditarik, seperti pengiriman SMS, email di BlackBerry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke BlackBerry kita ato bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.
Kelebihan lain dari BlackBerry adalah dalam mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala extrem ya), jadi misalnya kalo ada  yang mengirim email ke elo dengan size 1000 Kb (1 Mega) maka email yang elo baca di inbox blackberry elo hanya bersize 10Kb! It’s amazing kan, alhasil artinya dengan BlackBerry device bandwidth koneksi bakalan irit banget.
Selaen itu pernahkah elo coba nampung email di pda-phone/handphone elo lebih dari 1000 email?  Kalo pernah, pastinya elo pasti bisa ngerasain performance device elo pasti melambat dan bahkan paling parah nge-hang sampe harus di-reset. Nah dengan BlackBerry, hal kaya gitu ngak perlu dilakukan, kelebihan inilah yang menjadi salah satu kekuatan BlackBerry. Mao nampung puluhan ribu email asal sebatas kemampuan memory-nya kaga bakalan nge-hang.

Kontroversi Blokir BB


07 Aug 2010
Rencana pemblokiran layanan BlackBerry (BB) di sejumlah negara Timur Tengah dan India sempat menimbulkan kekhawatiran konsumen di Indonesia Namun, pelanggan BB di Indonesia bisa bernapas lega karena pemerintah tidak akan mengambu langkah serupa Hanya saja Menkominfo Tifatul Sembiring meminta produsen BB, Research In Motion (RIM), segera mendirikan pusat data di Tanah Air.
Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan India berencana menutup layanan BB karena tak bisa memenuhi regulasi di negara-negara tersebut di bidang keamanan informasi. Regulasi di sana mengharuskan akses terhadap sistem komunikasidalam negeri, untuk menangkal aksi terorisme dan kegiatan-kegiatan ilegal.
UEA mengancam akan memblokir akses ke email, web browsing dan pesan instan pada BlackBerry Messenger (BBM). Jika RIM yang berkedudukan di Kanada itu tak juga memberikan akses data ke negara mereka, UEA akan memblokir layanan BB mulai 11 Oktober 2010.
Research In Motion (RIM) dituduh tidak .6/rkarena mengizinkan pemerintah Amerika Serikat (AS) membuka data komunikasi setiap pengguna BB di seluruh dunia
Namun, RIM tidak memberikan hak serupa kepada negara lain.
UEA menganggap BB membahayakan karena secara otomatis mengirimkan data ke server luar negeri yang sesungguhnya dilarang oleh hukum yang berlaku di sana. Regulator mengaku kesulitan untuk memonitor apa yang dilakukan dan dikatakan oleh pengguna BB.
Selama ini, RIM mengontrol jaringan BB di seluruh dunia lewat server pusat yang ada di Kanada dan Inggris. Provider lokal hanya bertugas menyediakan jaringan bagi pengguna BB untuk kemudian dienkripsi dan diteruskan ke server pusat RIM. Cara sebaliknya juga dilakukan sebelum akhirnya telepon atau pesan diterima pengguna.
Aksi blokir yang dilakukan UEA ternyata diikuti oleh otoritas keamanan India, yang berniat memonitor layanan BB. Aksi blokir oleh sejumlah negara itu membuat RIM akhirnya menawarkan untuk membagi beberapa kode untuk layanan e-mail korporat dan membuka akses untuk seluruh e-maJIkonsumen dalam waktu 15 hari. Namun, RIM menolak memberikan akses data pelanggan BB.
Ramainya boikot atas layanan BB di sejumlah kawasan in membuat pelanggan BB di Lndone-sia khawatir jika pemerintah RI melakukan hal yang sama. Padahal, jumlah pelanggan BB di Indonesia telah mencapai sekitar 1,5 juta orang.
Tifatul menegaskan, BB sudah selayaknya mendirikan sever lokal di Indonesia. * Saya minta mereka membuat data center di sini," katanya. Hal itu dimaksudkan agar pemerintah bisa menyadap para pelanggar hukum.
Tifatul mengatakan, dasar tuntutan pemerintah adalah Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mewajibkan semua perusahaan telekomunikasi yang berjaringan nasional membangun server lokal di Indonesia
Berlebihan
Praktisi telematika dan anggota ID-BlackBerry Faizal Adiputra menilai pemerintah tidak perlu mengikuti langkah yang dilakukan negara-negara Timur Tengah untuk memblokir layanan BB. "Pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia bisa terhambat jika ada pemblokiran, katanya kepada lnvestor Daily di Jakarta, kemarin.
Menurut Faizal, pemerintah sebaiknya fokus mendukung pengembangan konten lokal, se-hingga alasan untuk meminta RIM membangun relay server di Indonesia lebih relevan.
Sementara itu. Group Head VAS and Brand Marketing PT Indosat Tbk (Indosat) Teguh Prasetya menilai wacana pemblokiran layanan BB terlalu berlebihan karena tidak mempertimbangkan seluruh aspek, termasuk pertimbangan skala ekonomis.
"Kalau untuk keamanan, BLackBerry sangat aman dan tak membahayakan karena server BlackBerry adalah relay server dan bukan .* rage" papar Teguh. Relay server hanya meneruskan trafik komunikasi yang dikirim dari smartphone pelanggan kepada si penerima.
Teguh mengatakan, ekosistem BB di lndone-sia mulai tumbuh sehingga pemerintah harus mempertimbangkan regulasinya secara ekonomis. Tak hanya operator dan RIM saja, tapi pemerintah juga harus memperhatikan komunitas, pengembang aplikasi, dan lihat juga pedagang yang bakal rugi akibat pemblokiran BB." katanya.
GMSales BlackBerry lnternetFT XL Axiata Tbk (XL) Handono Warih mengatakan, layanan BBM merupakan salah satu daya tarik pertumbuhan pelanggan yang begitu pesat. "Sekitar 50% bandwitch terpakai oleh layanan BBM. Sisanya, digunakan untuk layanan jejaring sosial dan push email" jelasnya, (mam/miq/nov)
Ringkasan Artikel Ini

Rencana pemblokiran layanan BlackBerry (BB) di sejumlah negara Timur Tengah dan India sempat menimbulkan kekhawatiran konsumen di Indonesia Namun, pelanggan BB di Indonesia bisa bernapas lega karena pemerintah tidak akan mengambu langkah serupa Hanya saja Menkominfo Tifatul Sembiring meminta produsen BB, Research In Motion (RIM), segera mendirikan pusat data di Tanah Air. Ramainya boikot atas layanan BB di sejumlah kawasan in membuat pelanggan BB di Lndone-sia khawatir jika pemerintah RI melakukan hal yang sama. Tifatul mengatakan, dasar tuntutan pemerintah adalah Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mewajibkan semua perusahaan telekomunikasi yang berjaringan nasional membangun server lokal di Indonesia Berlebihan Praktisi telematika dan anggota ID-BlackBerry Faizal Adiputra menilai pemerintah tidak perlu mengikuti langkah yang dilakukan negara-negara Timur Tengah untuk memblokir layanan BB.


http://bataviase.co.id/node/331042



Kelebihan dan kelemahan Blackberry


Setelah hampir 2 tahun lalu saya memberikan review new bie, kini saatnya saya memberikan review lagi tentang kelemahan dan kelebihan perangkat blackberry, review ini bersifat subjective dan hanya mengandalkan pengalaman saya semata, sehingga masukan anda akan sangat membantu menyempurnakan point2 yang ada.
Point yang saya sharingkan akan ditambahkan sesuai penemuan baru yang akan saya temui.
review tidak bermaksud untuk memojokan atau melebihkan perangkat di luar blackberry, hanya merupakan sharing untuk memberikan anda masukan sederhana, “Apakah Blackberry sesuai dengan kebutuhan saya, atau tidak”, sebagai bagian dari dorongan mencerdaskan konsumen, janganlah menjadi pengikut arus, namun biarlah kebutuhan menjadi pertimbangan anda dalam memutuskan apakah blackberry benar-benar menjadi kebutuhan dan solusi bagi anda.
Kelebihan Blackberry
Features
·      System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data2 penting
·      Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.
·      Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut.
semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, rt-rw,phone,kodepost dlsb yang anda inginkan.
·      fungsi search sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu kita menemukan hal yang kita cari.
·      profile pada blackberry sangat flexible, untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dlsb dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya
·      feature speed dial pada blackberry qwerty sebanyak pilihan a-z,dikurangi default key. Membantu sekali dalam melakukan telepon cepat
Multimedia
1.    Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita.
2.    Pada fungsi baru di OS versi 5.0 nanti bahkan terintegrasi dengan fungsi SMS dan dapat mengirimkan pesan lokasi dlsb.
3.    customize theme yang buat user level advanced dapat dengan mudah membuat dan mendesign rancangan theme sendiri sesuai kebutuhan, yang diperlukan hanya image editing software dan idea.
4.    Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto2 yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.
5.    Tampilan akses multimedia ke video, audio, gambar dan rekaman terintegrate dan sangat sederhana, sehingga cepat diakses dan nyaman digunakan.

Security
1.    Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.
2.    feature firewallnya,sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.
kelemahan blackberry:
Features
1.    Belum (hingga tulisan ini ditulis) mendukung conference call.
2.    tidak native membawa kemampuan untuk menerima dan mengirimkan fax (karena fungsi email+attachment harusnya dapat menggantikan hal ini).
3.    Fungsi rekaman native (voice recorder) berkemampuan jelek dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal (meskipun ada versi lite dengan keterbatasannya).
4.    pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.
software
1.    Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
2.    Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.
email
1.    Synchronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita.
2.    size file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb
browser
1.    browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini.

http://celemotan.wordpress.com/2009/07/07/plusminusblackberry/


5 Hal Kelemahan BlackBerry


Menurut NPD Group, tiga dari lima smartphone dengan penjualan terbaik di kuarter pertama ini adalah BlackBerry. BlackBerry ciptaan RIM tersebut berbasis keyboard fisik untuk mengirim dan menerima email. Walaupun smartphone BlackBerry memiliki fitur lainnya berupa multimedia playback dan touchscreen, namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki RIM untuk maintain Blackberry.
Browser. Tidak seperti iPhone atau Palm Pre, karena BlackBerry tidak menampilkan halaman wb seperti di PC. Pengguna BlackBerry juga justru menghadapi penampilan halaman web versi mobile seperti di tahun 90-an. Pengguna BlackBerry juga mengkomplain mengenai lambatnya browser. Namun, mengenai hal ini, RIM belum memberikan komentar. Di bulan lalu, RIM membeli Torch Mobile, yang membuat browser Iris berbasis Webkit. Webkit merupakan layout engine yang juga digunakan di iPhone, Android dan Symbian. Namun, belum diketahui kapan RIM akan menggunakannya.
Touchscreen. RIM memperkenalkan ponsel touchscreen pertamanya di BlackBerry Storm. Namun, kini RIM membuat haptic feedback dengan semua tombol di layar,ketika virtual key tidak bisa membantu. Namun, Storm justru menjadi lebih lambat dibandingkan iPhone atau BlackBerry dengan keyboard fisik. Tetapi, RIM telah memperbaiki Storm di Storm 2 akhir tahun ini dengan improvisasi touchscreen yang baru, dan bahkan mampu mengalahkan benchmark iPhone touchscreen untuk term responsive dan kemudahan penggunaan.
App Store. Dengan jumlah jutaan pengguna iPhone, BlackBerry App Store sepertinya sulit untuk menyusul App Store. Hal ini mengingat Apple iPhone App Store memiliki 70,000 aplikasi yang dijual, sedangkan BlackBerry App Store hanya 2,322 aplikasi. Namun, iPhone sendiri lebih difokuskan untuk produk komersial, sedangkan BlackBerry untuk pebisnis. Bahkan, terdapat 45 persen pengguna BlackBerry berasal dari non-bisnis. Jika RIM ingin membuat BlackBerry lebih menyenangkan untuk digunakan, maka RIM harus menyaring banyak developer dan menaruh marketing di App Store-nya.
Wi-Fi. Wi-Fi telah menjadi fitur populer di mobile phone. Namun, untuk BlackBerry Storm dan Tour memang telah memiliki akses 3G, tetapi tidak ada Wi-Fi. Untuk itu, RIM telah menghadirkan model bernama Essex yang memiliki semua fitur dari Tour, plus adanya Wi-Fi.
Software desktop. Walaupun pengguna BlackBerry cukup banyak, namun mereka sering merasa kesulitan untuk mengatur music dan data dengan software RIM. Software desktop BlackBerry dapat berjalan di PC dan didesain untuk kemudahan transfer file, music dan data. Namun, system software tersebut juga mengalami masalah proses setup. Untuk itu, RIM memperlukan perbaikan di software BlackBerry-nya untuk kemudahan penggunaan seeprti memutar iTunes di iPhone.













Standar dan Evolusi WiMAX

Teknologi dan standar dari WiMAX dikembangkan oleh IEEE (Institute of
Electrical and Electronics Engineer), yang merupakan salah satu pemimpin asosiasi
professional dunia untuk kemajuan komunikasi dan teknologi komputer. Standar dari
Broadband Wireless Access (BWA) dikenal IEEE 802.16. Standar IEEE 802.16 pada
awalnya didesain untuk komunikasi Broadband Wireless Access (BWA) yang
beroperasi di frekuensi 10-66 GHz dan hanya melayani pengguna yang tidak bergerak
(fixed client). Untuk menyempurnakan kelemahan diatas maka standar IEEE 802.16
disempurnakan kembali dan menggunakan frekuensi dibawah 11 GHz dan dapat
mendukung perpindahan pengguna (mobility) dan dukungan terhadap kondisi NLOS
(Non Line of Sight).
Dari awal pengembangan sampai saat ini, WiMAX telah melakukan beberapa
penyempurnaan. Evolusi WiMAX dapat dilihat pada tabel :


Standar
Fungsi
802.16a
Standar pertama, beroperasi di 10-66 GHz, LOS
802.16d
NLOS yang beroperasi di 2-11 GHz
802.16-2004
Standard pemersatu untuk 802.16a dan 802.16d
802.16e
Penambahan fungsi perpindahan terminal (roaming)
802.16f
Kemampuan jaringan mesh

Tabel 1. Evolusi WiMAX


Arsitektur Jaringan WiMAX
Jaringan WiMAX secara garis besar dibagi menjadi 3 komponen yaitu:
1. CPE adalah perangkat yang terdapat di sisi pelanggan baik itu perangkat yang tidak
bergerak maupun perangkat bergerak.
2. NAP adalah penyedia jaringan WiMAX yang memberikan layanan wireless.
3. NSP adalah penyedia jaringan


Topologi Jaringan
Saat ini WiMAX mendukung topologi jaringan PTP (Point to Point) maupun
PMP (Point to Multipoint). Pada topologi jaringan PTP setiap BS akan terkoneksi
dengan BS lainnya dengan menggunakan antena yang terarah satu dengan lainnya
(directional antenna). Sedangkan pada jaringan PMP setiap BS akan melayani banyak
pengguna dengan menggunakan antenna segala arah (omnidirectional antenna).

Topologi jaringan WiMAX terlihat pada gambar :












Kelebihan dan Kekurangan WiMAX

Kelebihan

Ø  Kecepatan : Data WiMAX mampu untuk menyalurkan data hingga kecepatan 70 Mbps per kanal
Ø  Jarak Jangkauan: Jangkauannya sampai 50 kilometer
Ø  Keamanan Teknologi : WiMAX didesain dengan tingkat keamanan yang tinggi dengan kemampuan QoS (Quality of Service)
Ø  Flexible : Tidak tergantung kabel, lain dengan DSL yang membutuhkan jaringan kabel, maka WiMAX tidak tergantung infrastruktur kabel tersedia
Ø  Biaya: Pembangunan infrastrukturnya jauh lebih cepat dan lebih murah ketimbang akses broadband
Ø  Non Line of Sight : WiMAX tidak memerlukan jarak pandang langsung (line of sight) antara pemancar dengan penerima

Kekurangan

Ø  Regulasi : Belum adanya regulasi dari pemerintah khususnya menyangkut masalah frekuensi
Ø  Perangkat : Belum banyak perangkat yang tersedia karena belum selesainya proses sertifikasi. Hal ini disebabkan baru diratifikasinya standar 802.16e, sehingga para vendor memerlukan waktu untuk mendesain peralatan yang sesuai dengan standar tersebut.
Ø  Pengalokasian Frekuensi : Beragamnya frekuensi operasi akan mengakibatkan permasalahan interoperabilitas. Masalah ini disebabkan oleh pengalokasian frekuensi WiMAX yang berbeda-beda disetiap negara, sehingga perangkat WiMAX disetiap negara akan mengikuti frekuensi operasi dimana WiMAX dioperasikan.
Ø  Tingkat kehandalan : Teknologi WiMAX merupakan teknologi jaringan yang masih dalam tahap pengembangan sehingga teknologi belum matang dan teruji kehandalannya pada kondisi





















Wimax Solusi Telekomunikasi Masa Depan

Telekomunikasi menentukan kemajuan suatu bangsa. Ketersediaan sarana telekomunikasi menjadi faktor penting bagi katalisator pembangunan suatu wilayah. Suatu daerah membutuhkan sarana telekomunikasi dan informasi untuk mempromosikan produk unggulan daerahnya atau daerah pariwisatanya. Mereka juga memerlukan informasi untuk pemenuhan akan bahan dasar industri lokalnya. Pun dengan pendidikan, kesempatan memperoleh informasi mempunyai hubungan grafik linier dengan kesempatan memperoleh pendidikan. Saat ini jelas sekali kesenjangan pendidikan antara daerah yang memiliki sarana telekomunikasi memadai dengan daerah yang masih kurang sarana telekomunikasinya.

Perkembangan telekomunikasi di dunia pun berkembang begitu pesat. Berbagai macam terobosan baru dalam bidang telekomunikasi baik secara perangkat, produk, terutama standar telekomunikasi pun diciptakan. Tujuannya adalah untuk menemukan suatu teknologi yang efisien, efektif serta murah. Standar telekomunikasi selular misalnya, mulai dari AMPS, GSM, CDMA telah berevolusi sedemikian cepatnya sesuai grafik eksponensial terhadap waktu.
Sayangnya, keadaan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia serta terbatasnya kemampuan pemerintah untuk menyelenggarakan infrastruktur telekomunikasi menjadikan hanya segelintir orang saja yang bisa menikmati kemajuan teknologi telekomuniksi ini. Hal ini terindikasi dari jumlah 40-50 % penduduk Indonesia yang menggunakan layanan selular, sedangkan sisanya tidak. Begitu pula pelanggan yang menikmati jaringan telepon tetap (PSTN) yang jumlahnya jauh lebih sedikit dari pemakai seluler.

Wimax adalah salah satu brand yang ditawarkan oleh masyarakat telekomunikasi Internasional untuk menyongsong era baru teknologi masa depan atau biasa disebut NGN (Next Generation Network). Keunggulan teknologi wimax dibandingkan dengan teknologi yang sudah ada aadalah kemampuan daya jangkau sinyalnya yang lebih luas daripada teknologi sebelumnya, wimax mampu menjangkau daerah sejauh 48 kilometer dengan kemampuan transfer datanya sampai dengan 100 Mbps (Megabits per second). Sebagai perbandingan, teknolog yang sudah ada sebelumnya yaitu CDMA dengan daya jangkau yang sama hanya menghasilkan kecepatan transfer data sebesar 10 Mbps, sedangkan Wi-fi dengan kecepatan transfer data yang sama hanya bisa menjangkau daerah sejauh 100 meter. Keunggulan yang lain adalah kemampuannya dalam menjangkau daerah yang memiliki hambatan geografis, atau biasa disebut sebagai kemampuan NLOS (Non-Line of Sight).

Keunggulan wimax ini sangatlah erat jika dikaitkan dengan kebutuhan akan teknologi telekomunikasi dan informasi di Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan cost yang harus dikeluarkan pemerintah. Dengan kemampuan daya jangkau, transfer data serta NLOS-nya, dipastikan instalasi perangkat wimax di perbagai wilayah di Indonesia akan mampu menekan biaya jauh lebih rendah daripada instalasi teknologi seluler sebelumnya apalagi instalasi telepon kabel tetap.

Salah satu media implementasi wimax terdapat pada komitmen pemerintah untuk menyelenggarakan proyek USO (Universal Service Obligation) yaitu proyek untuk memberikan sarana telekomunikasi dan informasi yang murah meriah pada masyarakat low income, rural society serta bagi sarana layanan publik. Proyek ini diinisiai oleh komunitas telekomunikasi dunia dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh informasi. Di beberapa negara, seperti di Uni Eropa dan Malaysia, proyek ini sudah diimplementasikan, sedangkan di Indonesia sebenarnya sudah ada undang-undang yang mengaturnya diantaranya Undang-undang 36/99 pasal 16 serta Peraturan Pemerintah 52/2000.

Hasil dari USO sendiri kurang begitu terlihat di masyarakat karena memang biaya untuk mengimplementasikannya tidaklah kecil. Untuk obyek rural society sendiri ada sekitar 42.000 desa yang belum tersentuh sarana telekomunikasi dari jumlah keseluruhan 67.000 desa di Indonesia. Teknologi wimax yang murah dan mudah diharapkan mampu menjadi senjata ampuh bagi implementasi USO di Indonesia.

Kendala terbesar dari penerapan USO dan wimax adalah mengenai kesiapan masyarakat dalam menerima infrastruktur teknologi baru. Pemeliharaan infrastruktur yang tersebar di ribuan desa memerlukan sumber daya yang sangat banyak sekali yang tidak mungkin dipenuhi oleh pemerintah sepenuhnya. Satu-satunya sumber daya manusia yang bisa dipakai adalah penduduk desa setempat dan hal itu memerlukan effort, salah satunya biaya pelatihan, yang lebih besar lagi. Kasus telepon koin yang tersebar di pinggiran-pinggiran kota menunjukkan kekurangsiapan masyarakat dalam memelihara infrastruktur teknologi baru.


Pengguna WiMax akan Mencapai 1 Miliar

Senin, 17 Mei 2010 - 16:00 wib  

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone


SAN FRANCISCO - Berdasarkan penelitian dari ABI Research pengguna jaringan komunikasi nirkabel WiMAX akan mencapai lebih dari 1 miliar orang pada akhir 2012, sedangkan pengguna teknologi LTE akan mencakup 600 juta di waktu yang sama.

Menurut ABI, teknologi 4G akan semakin berkembang karena difokuskan sepenuhnya pada sisi komunikasi data nirkabel yang berjalan sangat cepat.

Sedangkan 3G telah mencapai kecepatan tertinggi 14 megabits per detik itu pun jarang dicapai. Malahan dalam prakteknya, pengguna 3G bisa beruntung jika dapat menggunakan satu megabit per detik.

Dengan teknologi 4G sebaliknya dapat melaju 100 megabits per detik. Selain LTE, dunia telekomunikasi juga mengembangkan teknologi WiMAX yang saat ini sedang dikerahkan di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Demikian yang dilansir Enterprise Mobile, Senin (17/5/2010).

Pada akhir 2009, ABI mengatakan ada lebih dari 170 operator WiMAX di 65 negara yang sudah menjaring 480.000.000 orang. Akan tetapi yang menggunakan teknologi WiMAX hanya untuk komputasi melalui PC mereka, karena tidak ada handset di pasar. Handset ini sendiri akan digelontorkan Samsung dan HTC, itupun akhir tahun ini.

Di Amerika Serikat, dua puluh operator akan meluncurkan upgrade LTE untuk jaringan mereka pada kuartal keempat tahun 2010. Cakupan LTE akan mulai di kota-kota besar, dan diprediksi akan berkembang dengan pesatnya.
(tyo)




0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com